Jumat, 15 April 2011

JVM (Java Virtual Machine)

Balik lagi ni di Blognya Mr. Don.. Sekarang kita mencoba membuat aplikasi dengan menggunakan Java Virtual Machine.. Jadi akan tercipta mesin "bohongan" pada device yang akan menggunakan JVM ini. Sesuai dengan namanya JVM (Java Virtual Machine), maka pemrograman yang sudah mengadopsi ini adalah J2ME. Yaitu pemrograman untuk Mobile Phone berbasis J2ME.

Lanjut ke Tutorial ini. Walaupun tidak akan dibahas secara rinci pada blog saya ini, namun seperti biasanya akan saya berikan keterangan lebih rinci dari kodingan saya ini.

Aplikasi yang kita buat kali ini adalah Aplikasi Diary Locked. Yaitu aplikasi yang dibuat untuk menyimpan tulisan-tulisan dari user. Sesuai dengan namanya Diary Locked maka aplikasi ini akan mengunci Diary ini secara digital.Yaitu dengan membuat form daftar dan login. Jadi tidak akan mungkin bisa menggunakan aplikasi ini jika bukan pemiliknya. Tidak hanhya itu, aplikasi ini juga dapat mengenkripsi huruf demi huruf dari catatan yang kita buat.

Di bawah ini adalah Screen Shot pada emulator J2ME.

Gambar Saat Mulai (Main Menu)

Jika sudah bisa masuk akan terlihat seperti di bawah ini. dan jika tombol 4-6 atau 7-9 ditekan akan menampilkan catatan selanjutnya.
Untuk tampilan Panduan dari aplikasi ini bisa terlihat seperti gambar di bawah ini


Sedangkan Tentang aplikasi ini akan terlihat seperti di bawah  ini

Dan terakhir tampilan untu Ubah Pin. Jika berhasil ubah pin maka akan masuk ke form untuk mengisi catatan. Jika tidak akan menerima pesan error.
nah bagi yang mau tau lebih rinci tentang source code dan rincian UI aplikasi ini silahkan download disini

Maaf ya saya ga bisa menyertakan source code secara utuh.. karena ini copyright saya sendiri.. Tapi tenang bagi yang ingin tahu lebih dalam silahkan klik http://pusatstudi.gunadarma.ac.id/

Okey cukup sekian ya.. semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar