Kecerdasan Buatan
Kecerdasan Buatan atau yang sering disebut dengan Artificial Intelligence (AI) ini sering digunakan dan dikaitkan dengan pembuatan sebuah Game. Karena AI ini dapat melakukan kegiatan yang mungkin dilakukan oleh manusia terhadap suatu aksi di komputer. Untuk lebih jelasnya berikut adalah pembahaasan secara singkat mengenai AI.
KECERDASAN BUATAN
DEFINISI
Kecerdasan Buatan merupakan bagian dari ilmu komputer yang mempelajari
bagaimana membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik
yang dilakukan manusia bahkan bisa lebih baik daripada yang dilakukan manusia.
Menurut John McCarthy,
* Untuk mengetahui dan memodelkan proses-proses berpikir manusia dan mendesain
mesin agar dapat menirukan perilaku manusia. 1956, AI:
yang dilakukan manusia bahkan bisa lebih baik daripada yang dilakukan manusia.
Menurut John McCarthy,
* Untuk mengetahui dan memodelkan proses-proses berpikir manusia dan mendesain
mesin agar dapat menirukan perilaku manusia. 1956, AI:
2 bagian utama yang dibutuhkan untuk aplikasi kecerdasan buatan:
* Basis pengetahuan(knowledge base)
* Monitor inferensi(inference engine)
* Basis pengetahuan(knowledge base)
* Monitor inferensi(inference engine)
KECERDASAN BUATAN VS KECERDASAN ALAMI
Kelebihan kecerdasan buatan:
* Lebih bersifat permanen
* Lebih mudah
* Lebih murah
* Dapat didokumentasikan
* Lebih bersifat permanen
* Lebih mudah
* Lebih murah
* Dapat didokumentasikan
Kelebihan kecerdasan alami:
* Kreatif
* Pengalaman secara langsung
* Pemikiran luas
* Kreatif
* Pengalaman secara langsung
* Pemikiran luas
SEJARAH KECERDASAN BUATAN
Tahun 1950-an Alan Turing, seorang pionir AI dan ahli matematika Inggris melakukan
percobaan Turing(turing test) yaitu sebuah komputer melalui terminalnya ditempatkan
pada jarak jauh. Turing beranggapan bahwa mesin bisa cerdas(selayaknya manusia).
percobaan Turing(turing test) yaitu sebuah komputer melalui terminalnya ditempatkan
pada jarak jauh. Turing beranggapan bahwa mesin bisa cerdas(selayaknya manusia).
BIDANG AI(KECERDASAN BUATAN)
1. Sistem pakar
2. Pengolahan bahasa alami(natural language processing)
3. Pengenalan ucapan
4. Robotika dan sistem sensor
5. Computer vision
6. Intelligent computer-aided instruction
7. Game playing
2. Pengolahan bahasa alami(natural language processing)
3. Pengenalan ucapan
4. Robotika dan sistem sensor
5. Computer vision
6. Intelligent computer-aided instruction
7. Game playing
SOFT COMPUTING
Soft computing merupakan inovasi baru dalam membangun sistem cerdasMetodologi-metodologi dalam soft computing adalah:
* Logika Fuzzy
* Jaringan syaraf tiruan
* Probabilistic reasoning
* Evolutionary computing
Karena sangking hebatnya pembuat AI ini, terkadang kehebatan Manusia bisa kalah dengan Kemampuan berpikir dari komputer. Maka tidak heran jika AI ini sering digunakan untuk kebutuhan Programing Game.
Sumber:
http://www.scribd.com/doc/16075655/Kecerdasan-Buatan (Enjibae)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar