TUGAS GRAFKOM OPENGL
Nama : WINDARKO
Kelas : 3IA07
NPM : 51407023
Untuk file .exe dan .cpp ada disini
Berikut adalah Coding dari Programnya:
Catt: pergerakan dilakukan menggunakan tombol: A D W S
#include
#include
#include
void init(void);
void keyboard(unsigned char, int, int);
void display(void);
float MoveX, MoveY = 0.0f;
float curX, curY = 0.0f;
const double Xmin = 0.1f, Xmax = 2.5f;
const double Ymin = 0.1f, Ymax = 2.5f;
int main (int argc, char **argv)
{
glutInit(&argc, argv); /*Untuk menginisialisasi modus display */
glutInitDisplayMode(GLUT_DOUBLE | GLUT_RGB); /*Fungsi tersebut meminta window yang bersifat double buffered
dengan warna RGB. */
glutInitWindowSize(400, 400); /* pengaturan besar form*/
glutInitWindowPosition(500, 100); /* pengaturan letak form pada windows*/
glutCreateWindow("Tugas Grafkom2 OpenGL (Windarko 51407023 - 3IA07)"); /*nama form*/
init();
glutDisplayFunc(display);
glutKeyboardFunc(keyboard);
glutMainLoop();
return 0;
}
void init(void)
{
glClearColor(2.0, 2.0, 2.0, 0.0); /*warna background-putih*/
glColor3f(2.0, 0.0, 0.0); /*warna foreground-merah*/
glMatrixMode(GL_PROJECTION); /* inisialisali matriks*/
glLoadIdentity();/*memanggil matriks identitas dan dijadikan status matriks (proyeksi) saat ini*/
glOrtho(-40.0, 40.0, -40.0, 40.0, -40.0, 40.0);/*pembuatan kotak untuk menggambar objek*/
}
void display(void)
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);/*menghapus window dan memberi warna yang telah kita definisikan sebelumnya
dengan menggunakan glClearColor */
glRectf(-5.0, 5.0, 5.0, -5.0);/*penggambaran persegi*/
glutSwapBuffers();/*menukar bagian belakan buffer menjadi buffer layar */
}
void keyboard(unsigned char key, int x, int y)
{
/* kontrol tombol pada keyboard:
"a": kiri
"d": kanan
"w": atas
"s": bawah
*/
switch (key)
{
case 'a':
case 'A':
glTranslatef(-5.0, 0.0, 0.0);
break;
case 'd':
case 'D':
glTranslatef(5.0, 0.0, 0.0);
break;
case 'w':
case 'W':
glTranslatef(0.0, 5.0, 0.0);
break;
case 's':
case 'S':
glTranslatef(0.0, -5.0, 0.0);
break;
}
display();}
#include
#include
void init(void);
void keyboard(unsigned char, int, int);
void display(void);
float MoveX, MoveY = 0.0f;
float curX, curY = 0.0f;
const double Xmin = 0.1f, Xmax = 2.5f;
const double Ymin = 0.1f, Ymax = 2.5f;
int main (int argc, char **argv)
{
glutInit(&argc, argv); /*Untuk menginisialisasi modus display */
glutInitDisplayMode(GLUT_DOUBLE | GLUT_RGB); /*Fungsi tersebut meminta window yang bersifat double buffered
dengan warna RGB. */
glutInitWindowSize(400, 400); /* pengaturan besar form*/
glutInitWindowPosition(500, 100); /* pengaturan letak form pada windows*/
glutCreateWindow("Tugas Grafkom2 OpenGL (Windarko 51407023 - 3IA07)"); /*nama form*/
init();
glutDisplayFunc(display);
glutKeyboardFunc(keyboard);
glutMainLoop();
return 0;
}
void init(void)
{
glClearColor(2.0, 2.0, 2.0, 0.0); /*warna background-putih*/
glColor3f(2.0, 0.0, 0.0); /*warna foreground-merah*/
glMatrixMode(GL_PROJECTION); /* inisialisali matriks*/
glLoadIdentity();/*memanggil matriks identitas dan dijadikan status matriks (proyeksi) saat ini*/
glOrtho(-40.0, 40.0, -40.0, 40.0, -40.0, 40.0);/*pembuatan kotak untuk menggambar objek*/
}
void display(void)
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);/*menghapus window dan memberi warna yang telah kita definisikan sebelumnya
dengan menggunakan glClearColor */
glRectf(-5.0, 5.0, 5.0, -5.0);/*penggambaran persegi*/
glutSwapBuffers();/*menukar bagian belakan buffer menjadi buffer layar */
}
void keyboard(unsigned char key, int x, int y)
{
/* kontrol tombol pada keyboard:
"a": kiri
"d": kanan
"w": atas
"s": bawah
*/
switch (key)
{
case 'a':
case 'A':
glTranslatef(-5.0, 0.0, 0.0);
break;
case 'd':
case 'D':
glTranslatef(5.0, 0.0, 0.0);
break;
case 'w':
case 'W':
glTranslatef(0.0, 5.0, 0.0);
break;
case 's':
case 'S':
glTranslatef(0.0, -5.0, 0.0);
break;
}
display();}
Berikut adalah Hasil dari Program ini:
Gunakan tombol A D W S untuk navigasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar