Sabtu, 01 Mei 2010

TUGAS OPENGL GRAFKOM2 WINDARKO 51407023 3IA07


TUGAS GRAFKOM OPENGL

Nama  : WINDARKO
Kelas  : 3IA07
NPM  : 51407023


Untuk file .exe dan .cpp ada disini
Berikut adalah Coding dari Programnya:
Catt: pergerakan dilakukan menggunakan tombol: A D W S

#include
#include
#include

void init(void);
void keyboard(unsigned char, int, int);
void display(void);
float MoveX, MoveY = 0.0f;
float curX, curY = 0.0f;

const double Xmin = 0.1f, Xmax = 2.5f;
const double Ymin = 0.1f, Ymax = 2.5f;

int main (int argc, char **argv)
{
    glutInit(&argc, argv);                        /*Untuk menginisialisasi modus display */
    glutInitDisplayMode(GLUT_DOUBLE | GLUT_RGB); /*Fungsi tersebut meminta window yang bersifat double buffered
dengan warna RGB. */

    glutInitWindowSize(400, 400);            /* pengaturan besar form*/
    glutInitWindowPosition(500, 100);        /* pengaturan letak form pada windows*/
    glutCreateWindow("Tugas Grafkom2 OpenGL (Windarko 51407023 - 3IA07)");    /*nama form*/

    init();
    glutDisplayFunc(display);
    glutKeyboardFunc(keyboard);
    glutMainLoop();
    return 0;
}
void init(void)
{
    glClearColor(2.0, 2.0, 2.0, 0.0);                /*warna background-putih*/
    glColor3f(2.0, 0.0, 0.0);                        /*warna foreground-merah*/
    glMatrixMode(GL_PROJECTION);                    /* inisialisali matriks*/
    glLoadIdentity();/*memanggil matriks identitas dan dijadikan status matriks (proyeksi) saat ini*/
    glOrtho(-40.0, 40.0, -40.0, 40.0, -40.0, 40.0);/*pembuatan kotak untuk menggambar objek*/
}

void display(void)
{

    glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);/*menghapus window dan memberi warna yang telah kita definisikan sebelumnya
dengan menggunakan glClearColor */

    glRectf(-5.0, 5.0, 5.0, -5.0);/*penggambaran persegi*/
    glutSwapBuffers();/*menukar bagian belakan buffer menjadi buffer layar */
}
void keyboard(unsigned char key, int x, int y)
{
    /* kontrol tombol pada keyboard:
   
      "a": kiri
     
      "d": kanan
      "w": atas
      "s": bawah
   
    */
    switch (key)
    {
    case 'a':
    case 'A':
        glTranslatef(-5.0, 0.0, 0.0);
        break;
    case 'd':
    case 'D':
        glTranslatef(5.0, 0.0, 0.0);
        break;

    case 'w':
    case 'W':
        glTranslatef(0.0, 5.0, 0.0);
        break;
    case 's':
    case 'S':
        glTranslatef(0.0, -5.0, 0.0);
        break;
    }
    display();}
 

Berikut adalah Hasil dari Program ini:  

Gunakan tombol A D W S untuk navigasi








Tidak ada komentar:

Posting Komentar